Tips Mengambil Foto Ruangan UntukOrang Awam

Halo sahabat Sherpa, adakah diantara kalian yang hobi fotografi? Bagaimana dengan kalian yang masih awam masalah fotografi?

Terkadang dalam berbisnis, kita memiliki kebutuhan akan foto, baik itu foto produk, foto ruangan, foto kuliner, foto pemandangan dan lainnya. Setiap kategori jenis foto memiliki karakteristiknya masing-masing.

Kali ini Sherpa akan berbagi tips sederhana untuk mendapatkan hasil foto ruangan yang bagus.

Kalian bingung dengan istilah ISO? Aperture? Shutter speed? Point of interest? Rule of third? Untuk hasil yang bagus, tentu saja kita perlu belajar tentang istilah-istilah dan teknik-teknik foto yang baik.

Tapi bagaimana kalau kita mendadak harus mengambil foto, sedangkan kita tidak tahu sama sekali dasar dan teknik-teknik foto?

Ok, tenang. Kita akan coba beri cara cepat agar foto yang dihasilkan bisa terlihat bagus.

Tips #1: Pencahayaan

Baik itu foto di luar ruangan maupun di dalam ruangan, pencahayaan akan sangat berperan penting pada hasil foto. Setelah kita mengoptimalkan settingan kamera, saatnya kita memikirkan tentang pencahayaan pada ruangan yang akan di foto.

Buka semua jendela, nyalakan lampu, dan pastikan ruangan terlihat terang untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Jika hasil foto kita gelap, akan membuat kesan ruangan tersebut kumuh.

Untuk hasil yang bagus, coba foto disaat pagi atau sore agar cahaya yang masuk tidak begitu kuat dan tidak menimbulkan bayangan yang gelap pekat. Cahaya alami dari matahari akan menghasilkan foto yang lebih bagus daripada hanya mengandalkan lampu ruangan.

Tips #2: Suasana

Agar hasil foto terlihat cantik, gunakan interior ruangan semaksimal mungkin. Buat meja menjadi berkilau, rapihkan kursi, Berikan sentuhan-sentuhan kecil seperti properti, ataupun tambahkan orang didalamnya untuk memunculkan suasana ruangan tersebut.

Tips #3: Sudut Pandang

Jangan cuma mengambil gambar dari 1 sudut ruangan aja. Cobalah mengambil dari sudut berbeda dan mainkan angle untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Sahabat Sherpa bisa mencoba 3 macam angle berikut ini:

  • “eye angle”, yaitu mengambil gambar setinggi mata yang memandang lurus.
  • “high angle”, yaitu mengambil gambar lebih tinggi dari mata, dapat menghasilkan gambar yang mampu memperlihatkan keseluruhan sudut ruangan.
  • “low angle”, yaitu mengambil gambar lebih rendah dari mata, dapat menciptakan hasil foto dengan suasana yang berbeda dan unik untuk ruangan tersebut.

Tips #4: Sejajar

Secara naluri, kita lebih senang melihat sesuatu yang terlihat harmonis. Entah itu sesuatu yang simetris ataupun berpola. Oleh karena itu pastikan foto yang kamu hasilkan tidak asal miring. Buatlah ujung foto sejajar jika bertemu dengan sebuah garis.

Misalkan sejajar dengan pilar, jendela, ataupun ujung pintu. Tidak perlu berusaha sejajar dengan semua garis yang ada, ambil salah satu garis terdekat dan yang menonjol. Kesan yang rapi tersebut akan lebih enak ketika dipandang mata.

Bagaimana hasil foto sahabat? Adakah perbedaan yang terlihat dengan menggunakan tips tersebut? Kalau sahabat Sherpa masih bingung dalam mengumpulkan materi-materi untuk promosi bisnis, Kami di Sherpa Indo Project siap membantu kalian. Mulai dari menyediakan materi foto, video, sampai dengan menampilkannya di sosial media bisnis sahabat Sherpa.

So, gak perlu bingung. Kunjungi www.sherpaindoproject.com, bikin dirimu bebas, gak mikirin promosi dan bisa fokusin energi untuk ngembangin bisnis sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *